Tutorial Membuat Video Cinematic dengan HP

 

Tutorial Membuat Video Cinematic dengan HP

Video cinematic itu sendiri tidak secara baku dibuatkan standarnya. Namun dapat disimpulkan bahwa cinematic video itu adalah pengolahan video menjadi tampilan seperti dalam format film. Namun banyak faktor juga yang mempengaruhi sehingga video itu nampak terlihat cinematic.

Mungkin ada beberapa yang beranggapan bahwa cinematic itu menggunakan backsound yang keren disertai transisi video yang epic atau dengan color grading yang super dan hal lainya yang memang merupakan komposisi dari sebuah video. Namun dalam beberapa sumber menyebutkan bahwa cinematic itu tidak hanya terkait teknik namun ada cerita dalam video/gambar yang diambil dan faktor lainya. mungkin ribet ya keliatan.

Jadi disamping pengambilan gambar dan pewarnaan serta editing yang pas, cinematic sendiri sebenarnya lebih kepada faktor non teknis seperti moment dan juga cerita dibalik pengambilan video tersebut.

mungkin beberapa tips berikut ini bisa membantu para tipster yang pengen mencoba membuat video cinematic, jadi langkah-langkah yang akan dijelaskan disini hanya beberapa langkah dasar yang bisa diikuti untuk membuat tampilan video kalian mirip film (cinematic).

Membuat video Cinematik dengan HP

  1. Usahakan video yang diambil menggunakan HP dengan kualitas yang HD (High-definition) maksudnya ialah dengan kualitas yang bagus dengan pixel minimal 720p. tujuanya adalah ketika akan dibuat slow motion atau zoom gambar menjadi tidak pecah. Untuk kalian yang menggunakan Iphone kalian bisa lakukan setting kamera sebagai berikut : Masuk ke setting – camera – Record video (ubah menjadi 1080p HD at 60 Fps)


  1. Lakukan perekaman dengan posisi landscape, hindari merekam video dengan posisi portrait/posisi handphone berdiri.


  1. Untuk merekam pergerakan, lakukan gerakan kamera/hp dengan cara sliding atau dengan menggeser kamera/hp kesamping atau naik turun bukan dengan memutar kamera/hp.


  1. Membuat transisi blur :

  • Letakkan objek penghalang di dekat kamera
  • Posisikan bagian objek yang di dekat kamera menutupi sebagian dari layar
  • Kemudian tap pada layar kamera untuk menentukan bagian mana yang akan di blur (objek yang di tap/tekan akan menjadi jelas sedangkan objek yang lainya akan menjadi blur).
  • Atur sesuai selera kalian Masuk kedalam aplikasi edit video yang ada di HP kalian, bisa menggunakan Kinemaster, Perfect Video, atau aplikasi edit video lainya. (disini untuk contoh saya menggunakan perfect video).

  1. Masuk ke new project – setting

  • Orientation – pilih 16:9
  • Output file format – MP4
  • Frame rate – 30 Fps

  1. Pilih menu tambahkan Klip/gambar lalu masukkan video yang sudah kita rekam sebelumnya.


  1. Untuk menambah efek dramatis intro ketika masuk, sebaiknya tambahkan background/gambar gelap di depan video (buat durasi jangan terlalu lama 2 atau 3 detik) – kemudian pilih transisi “Fade Out to Black”


  1. Membuat adegan slow motion

  • Tekan/ketuk pada video kamu lalu pilih icon speed,
  • hilangkan suara terlebih dahulu sebelum memperlambat video.
  • perlambat dengan ratio ½

  1. Gunakan transisi “Fade Out to Black” untuk setiap transisi potongan video.


  1. Atur bagian slow motion sesuai dengan selera kalian.


  1. JIka sudah selesai bisa next kemudian save dan pilih resolusi nya (sebaiknya dengan kualitas HD).


  1. Keluar aplikasi.


  1. Masuk kembali kedalam aplikasi kemudian new project, setting seperti pada langkah 6 dan memasukkan video yang sudah kita buat slow motion sebelumnya.


  1. Masukkan gambar/foto kedalam video.


  1. Pilih gambar/foto hitam, lalu atur posisinya menjadi diatas dan di bawah video simpan dari awal sampai akhir video.


  1. Selesai, bisa edit color grading dengan menu display atau menggunakan aplikasi edit video tambahan lainya seperti aplikasi quick.


Nah, itulah tutorial membuat Video Cinematic dengan HP. Semoga artikel diatas dapat membantu Anda untuk pembuatan Video Cinematic, semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

4 Tips Agar Memiliki Mobil di Usia Muda

10 Pilihan Versatile Outfit dari Cottonink

Peta Pekanbaru yang Mudah Ditelusuri Untuk Mengunjungi Tempat Wisata